Kenapa Kita Melakukan Apa yang Kita Lakukan Sekarang?



Sebuah pertanyaan yang jarang kita sadari sangat penting tapi kita menolak untuk menjawabnya.
"Mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan sekarang?"
Aku, kamu, dan semua orang yang membaca tulisan ini. Kenapa kita mau repot-repot meluangkan waktu duduk menatap layar ponsel/komputer dan menyimak hasil ketikan tangan ini dengan seksama?

Apakah kita semua menyadarinya sedari awal? Kamu datang ke sini karena niat menambah pengetahuan atau hanya karena tertarik dengan judul tulisan, lantas ingin membacanya?

Kalau jawabannya YA, ini sangat fatal. Salah satu hal yang menyebabkan ini terjadi adalah kurangnya kesadaran/aware yang kita miliki. 

Otak kita terpikat oleh manisnya pengaruh keadaan eksternal. Lalu secara tidak sadar kita melakukan apa yang tidak kita rencanakan. Otak kita bekerja di alam bawah sadar dan secara reaktif merespons sesuatu yang menarik di luar.

Kamu mungkin punya niat buka Instagram cuma buat nyari inspirasi sebentar. Tapi bagaimana kalau aku bilang kamu akan menghabiskan harimu dengan nyekrol-nyekrol feed IG.

Kamu mungkin juga punya niat mengerjakan tugas sekolah nanti malam. Tapi konten TikTok membuatmu terlena dan kamu melupakan PR-mu.

Nah, itu semua terjadi karena diri kita tidak secara penuh mengerjakan suatu hal dengan komitmen yang kuat. Akhirnya kamu terjatuh dalam distraksi (gangguan).

Sikap zen mengajarkan seseorang untuk menyelami kesadaran secara penuh terhadap momen yang sedang terjadi. Yaitu suatu kondisi batin yang terpusat dan fokus pada suatu hal yang dijalani. Tidak mikir yang lain alias neko-neko.

Dengan kata lain, pikiran kita tidak liar. Kita hanya meresapi apa yang ingin kita lakukan tanpa berpikir sesuatu yang lain di luar sana. Melakukannya dengan fokus dan penuh kesadaran (mindfulness).
Menulis adalah cara paling mudah untuk mengabadikan ingatan.

16 comments

Berkomentarlah yang sopan dan relevan dengan isi tulisan! Terima kasih 💕
  1. Kadang memang nonton film butuh iklan tapi keseringan iklan, lupa jalan cerita utama filmnya. Aduhay, harus fokus biar selesai dan terorganisir.
  2. Lagi belajar menerapkan mindfulness juga. Jujur banyak hal yang penting yang terlewat karena tidak mindful
  3. sebuah pembahasan menarik, berharap bisa diulik lebih dalam lagi kayaknya menarik terlebih ngebahas solusi untuk mengendalikan pikiran liar.
  4. Kita emang perlu banget menerapkan mindfullness, agar lebih fokus kepada hal-hal penting dalam keseharian kita
  5. Saya termasuk yang sering terdistraksi dengan ketika sedang melakukan sesuatu hal. Memang mengerjakan sesuatu selalu butuh konsistensi dan kesadaran yang tinggi, agar fokus dengan tujuan.
  6. Aduh, ini mah saya banget nih. Seringkali lagi nuli, buka IG untuk lihat sesuatu, eh malah lupa nulisnya.
  7. Lebih tepatnya buang buang waktu scroll instagram atau tiktok. Niatnya nyari jawaban di ig, eh tapi gak kuat hati liat konten lain jadi terpengaruh deh
  8. Ada banyak hal yang di lewatin kalau ga nerapin mindfulness, postingan menarik kayanya udah saatnya harus nerapin mindfulness
  9. Benar, di era sekarang sosmed bisa menjadi racun yang melenakan, misalnya kita sering dibius oleh video tiktok, ig dan youtube. Hingga tak sadar, sudah banyak waktu terbuang percuma.
  10. mindfulness mengajarkan untuk menikmati hidup, sadar apa yang dilakukan saat ini, tapi ya harus dilatih sih
    saya juga lagi belajar ini
  11. Merasa waktu terbuang sia sia kalau sudah terlena oleh dunia maya ya ckck
  12. Akibat dari scrol medsos ini memang gak terasa banget sih..
    Dari yang mulai awalnya dari hanya sekedar melihat-lihat, namun ujungnya jadi lebih banyak yang dilihat. Dan pintarnya si ponsel pintar adalah selalu menyediakan konten yang relate dengan apa yang kita cari. Sehingga kalau gak dari dalam diri sendiri berusaha menghindari, bisa melupakan banyak hal yang menjadi tanggung jawab.
  13. Lebih banyak ngabisin waktu disosmed ketimbang melakukan hal berfaedah, bismillah aja semoga lebih produktif kedepannya
  14. Mindfullness ini ternyata memang penting ya supaya terhindar dari distraksi medsos yang kadang membuat esensi kehidupan dunia nyata justru tak begitu seru*
  15. Wah, aku merasa tersindir baca tulisan ini wkwk. Emang bener sih ya mindfulness ini perlu dilatih biar gak sampe salah penafsiran dan penerapan..

    Kalo udah asyik scrolling sosmed ujung2nya mesti jadi lupa waktu terus menyesal merasa waktu terbuang sia-sia..
  16. Scroll sosmed itu itu memang asik sih malah kadang sampai bikin lupa waktu
© YULIANTO. All rights reserved. Developed by Jago Desain